Begini Membuat Resensi Buku Dengan Cepat Dan Mudah

Begini Membuat Resensi Buku Dengan Cepat Dan Mudah

,

Begini Membuat Resensi Buku Dengan Cepat Dan Mudah
Begini Membuat Resensi Buku Dengan Cepat Dan Mudah


Begini membuat resensi buku dengan cepat dan mudah. Pada semester genap kelas 11 kita akan bertemu dengan materi tentang resensi buku. Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tips bagaimana cara buat atau penyusun sebuah resensi cepat dan mudah.

Sebab itu perlu kita ketahui apa yang dimaksud dengan resensi. Dengan Mengetahui apa yang dimaksud teks resensi kita Akan mudah buat atau menyusun sebuah teks resensi.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan terhadap buku; ulasan buku.

Jadi resensi adalah cara bagaimana menilai sebuah buku baik dari segi keunggulannya maupun kekurangannya. Biasanya buku yang ingin di resensi adalah buku populer atau yang laris di pasaran serta buku yang ditulis oleh para penulis terkenal.

Oke langsung saja bagaimana kita membuat sebuah resensi dengan cepat dan mudah. Mari kita pelajari bersama-sama dan langsung dipraktekan agar langsung paham.


Persiapan

Sebelum membuat resensi perlu adanya persiapan agar kita saat membuat resensi fokus dalam membuatnya.

Persiapannya adalah sebagai berikut

1. Buku yang ingin diresensi

2. Alat tulis

3. komputer (hanya opsi)

4. Internet


Setelah menyiapkan alat dan bahannya kemudian kita menyiapkan Data yang dicari dalam merensi sebuah buku. Data tersebut adalah

1. Judul buku

2. Pengarang atau penulis buku

3. Penerbit

4. Tahun terbit dan cetakan yang ke berapa

5. Ketebalan buku

6. Harga buku


Setelah datanya telah siap maka kita perlu membaca buku tersebut agar kita tahu apa yang diceritakan atau yang dibahas oleh si penulis atau pengarang.


Ada teknik membaca dengan cepat agar waktu untuk membuat sebuah resensi cepat selesai yaitu teknik skimming. Di sini kami tidak membahas teknik skimming agar tidak panjang lebar.


Langkah-langkah menyusun resensi

1. Pendahuluan

Pada bagian ini kita menulis bagian pembuka sebuah resensi. Isi pendahuluan atau pembuka sebuah resensi. Pada bagian ini kita memperkenal buku yang diresensi dan menjelaskan perbandingan buku yanh ditulisnya dengan buku-buku yang lain atau dengan penulis yang lain.

2. Isi

Pada bagian ini yang perlu kita masukan adalah sinopsis atau ringkasan dari buku tersebut. Setelah menuliskan sinopsisnya dilanjutkan dengan menulis ulasan singkat terhadap buku yang diresensi tersebut dan jangan lupa untuk memasukan kutipan dari buku tersebut.

Langkah selanjutnya kita memberikan penilaian terhadap buku tersebut, bisa dimulai dari keunggulan buku tersebut dan dilanjutkan dengan kelemahannya.

Masih di bagian isi kita tambahkan lagi koreksi kita terhadap buku tersebut yang meliputi kaidah kebahasaan, kesalahan cetak dan memberikan komentar secara umum.

3. Penutup

Pada bagian ketiga ini yang merupakan bagian terakhir dari sebuah resensi buku. Bagian ini bisa kita masukan menjelaskan kelebihan dan kelemahan buku, memaparkan harga buku tersebut dan yang terakhir adalah menginformasikan kepada pembaca apakah buku tersebut layak untuk dibeli.


Nah itulah penjelasan tentang bagaimana membuat sebuah resensi buku  dengan cepat dan mudah tentunya.

TerPopuler